Seluas 200km persegi, nusa penida penida jauh lebih besar dari 2 pulau lainnya di bali yaitu nusa ceningan dan nusa lembongan,infrastruktur wisata yang sangat terbatas tetapi tubuh sengan sangat cepat. Karena kurangnya air bersih alami, tidak banyak tanaman yang bisa diproduksi disini, dan bahkan banyak bahan makanan datang dari perahu antar pulau, pengunjung harus membayar lebih untuk ini.

Nusa penida dengan julukan The Blue Paradise Islan, nusa penida merupakan kawasan konservasi perairan karena nusa penida dikelilingi oleh laut yang memiliki limpahan terumbu karang yang indah Dan berbagai jenis ikan, Termasuk ikan mola-mola dimana ikan tersebut menjadi iconnya nusa penida Dan juga terdapat ikan pari manta yang dapat anda jumpai saat snorkeling di area manta point

Akses Masuk Nusa penida
Ada kapal umum yang bisa dinaiki, dari sanur untuk diselatan bali, kusamba atau padang bagiyang dari timur bali

Transportasi
Menyewa sepeda motor adalah pilihan yang paling praktis, dan ini akan dikenakan biaya sekitar Rp 60.000. Carilah outlet di Toyepakeh dan Sampalan, Anda mungkin dapat menemukan mobil sewaan tetapi mereka tidak merkeomendasikan berkendaraan di nusa penida dengan kondisi jalan yang tidak seperti kota lain di bali.