Menikmati keindahan bawah laut: Diving/snorkelling
Kebanyakan orang mengunjungi Nusa Lembongan, Nusa Ceningan dan Nusa Penida untuk satu alasan: keindahan bawah laut yang tiada duanya.

Diving dan snorkeling memang sangat populer di 3 pulau ini, terutama di Manta Point dan Crystal Bay.
Di Manta Point, para penyelam akan mendapatkan kesempatan unik untuk berenang bersama manta ray raksasa, sementara di Crystal Bay, kalau beruntung Anda bisa melihat langsung ikan mola mola!
Perlu diingat bahwa arus di sini cukup kuat sehingga Anda harus memiliki sertifikat penyelam untuk bisa menyelam disini.

Kunjungi keajaiban alam di Nusa Penida: Angel’s Billabong, Pasih Uwug, Bukit Teletubbies dan Pantai Atuh.
Nusa Penida mungkin cuma pulau kecil dibandingkan tempat-tempat lain di dunia, tapi ada banyak keajaiban alam di tempat ini.
Berenang di kolam alami Angel’s Billabong, mengunjungi laut ‘rusak’ di Pasih Uwug.
Atau segarkan matamu dengan pemandangan serba hijau di Bukit Teletubbies lalu luaskan pandangan ke indahnya Pantai Atuh – tinggal pilih saja.

Tak seperti gua pada umumnya: Pura Gua Giri Putri
Anda mungkin sudah pernah mengunjungi banyak pura yang menarik di Bali, karena pura adalah bagian tak terpisahkan dari budaya masyarakat Bali.

Dan Pura Gua Giri Putri di Nusa Penida ini memang bukan pura biasa. Seperti namanya, pura ini terletak di dalam gua dan Anda harus merangkak dalam terowongan sejauh 2 meter untuk sampai ke dalam. Bikin penasaran, kan?

Pemandangan sekali seumur hidup: Tebing Banah
Kalau Anda suka ketinggian dan tak keberatan mengisi waktu liburan dengan aktivitas fisik, mendakilah ke Tebing Banah di Nusa Penida.

Setibanya di puncak, Anda akan dihadapkan dengan pemandangan yang begitu indah berupa laut biru yang membentang. Kalau Anda tidak takut ketinggian, lihatlah ke bawah dan Anda akan melihat ombak besar pecah di antara batu-batu karang. Sungguh pemandangan yang tak terlupakan.

Tempat burung-burung berkembang biak dan hidup bebas: Bali Bird Sanctuary
Friends of the National Parks Foundation memprakarsai berdirinya tempat suaka burung di Nusa Penida dan 2 pulau lainnya untuk menampung berbagai spesies burung di Indonesia yang hampir punah supaya mereka bisa hidup bebas dan terlindungi dari para pemburu.

Mampirlah ke suaka burung ini untuk melihat beberapa burung yang termasuk langka di dunia, termasuk Jalak Bali, burung terlangka kedua di dunia.